Senin, 27 Februari 2012

ANGKA PASTI DAN TIDAK PASTI

Catatan kali ini saya tunjukan untuk melengkapi tugas yang diberikan. Tugas yang membahas tentang Angka pasti dan Angka tidak pasti.

Pertama-tama mari kita bahas angka penting. Angka penting adalah angka hasil pengukuran yang terdiri dari angka pasti (eksak) dan angka tidak pasti (taksiran). Angka pasti di peroleh dari perhitungan skala alat ukur,sedangkan angka tidak pasti diperoleh dari setengah skala terkecil yang di gunakan untuk mengukur.

Agar lebih memahami cara mengetahui antara angka pasti dan angka tidak pasti mari kita lihat gambar berikut.


Penjelasan dari gambar tersebut adalah benda tersebut memiliki panjang lebih dari 13,3 cm. Benda berada diantara angka 13,3 cm dan 13,4 cm.Dengan angka pasti sebesar 13 cm. Dan kita dibolehkan untuk mengambil angka tidak pasti (angka taksiran) dari hasil pengukuran,karena benda tidak berada tepat di angka 13,3 cm ataupun 13,4 cm. Maka angka tidak pasti (angka taksiran) yang diambil adalah 0,05 cm. Yang menjadikan panjang benda tersebut adalah 13,35 cm.




Untuk penjelasan dari gambar kedua adalah pensil tersebut memiliki panjang lebih dari 2 cm. Panjang pensil berada antara 2 cm dan 2,1 cm. Dengan angka pasti sebesar 2 cm. Dan kita dibolehkan mengambil angka tidak pasti atau angka taksiran dari gambar tersebut adalah 0,05 cm. yang berarti panjang dari pensil pada gambar tersebut adalah 2,05 cm.

Demikian penjelasan saya mengenai angka pasti dan angka tidak pasti. Saya harap penjelasan ini mudah dimengerti dan mudah di fahami.
Apabila tidak mohon dimaklum,saya baru belajar...
Saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar